Senin, 26 September 2016

Pengertian dan Macam macam Organel yang terdapat pada plasma sel





bagian dalam atau bisa disebut plasma sel (isi dalam sel) Organel yang terdapat dalam plasma sel adalah mitokondria, retikulum endoplasma, badan golgi, lisosom, ribosom dan inti sel.


1. Mitokondria


mitokondria memiliki membran ganda yaitu membran dalam dan membran luar. membran memiliki lekukan yang berfungsi memperluas permukaannya supaya dapat melaksanakan reaksi kimia lebih banyak.

Fungsi mitokondria adalah sebagai tempat pemecahan zat yang menghasilkan energi tinggi dalam proses bernapas (respirasi)


2. Retikulum Endoplasma (RE)


merupakan perluasan membran sel dan perluasan mencapai membran ke inti. RE memiliki fungsi sebagai penghubung plasma sel dan inti sel RE dibagi menjadi 2 lagi yaitu RE kasar yang berfungsi sebagai melekatnya ribosom (RE kasar berbentuk seperti lempengan) sedangkan RE halus berbentuk tabung.

Fungsi RE secara keseluruhan


3. Badan golgi/Apparatus golgi


badan golgi mempunyai fungsi sebagai tempat sintesis ke bagian sel yang memerlukannya. contoh membran sel memerlukan glikoprotein danglikolipid maka kedua senyawa disusun di RE dan badan golgi melanjutkan mentransport ke membran sel yang membutuhkan.


4. Lisosom


merupakan pengglembungan dari badan golgi. lisosom memiliki 2 bagian dan fungsi yang berbeda

- lisosom primer = sebagai vakuola makanan dan memproduksi enzim-enzim yang belum aktif

-lisosom skunder = mencerna makanan yang masuk ke dalam sel


5. Plastida


plastida merupakan organel yang menghasilkan pigmen. plastida hanya terdapat pada sel tumbuhan. plastida dapat dibagi 3 macam yaitu kloroplas, leukoplas dan kromoplas.

- Kroloplas plastida mengandung klorofil sebagai tempat fotosintesis.
- Leukoplas plastida yang tidak berwarna terdiri atas amilopase (sebagai penyusun dan penyimpan amilum) Elaioplas (plastida penyusun lemak) Proteoplas (plastida penyimpan protein)
- Kromoplas yaitu plastida mengandung pigmen-pigmen lain berwarna terdapat pada bunga.


6. Ribosom


adalah organel yang tersusun atas asam ribonukleat yang melekat pada retikulum endoplasma dan berfungsi tempat sintesis protein.


7. Sentriol


terletak didekat inti tersusun dari tabung protein yang membentuk sentromosom. sentriol hanya terdapat pada sel hewan saja


8. Nukleus


mengatur semua aktivitas sel melalui aktivitas DNA terdiri dari membran inti, kromatin dan nukleous

* Membran inti berfungsi sebagai pelindung dan pengatur transportasi zat
* Nukleoplasma berisi kromatin
* Kromatin adalah benang pembentuk kromosom pada saat sel membelah
* Nukleous ttempat mensintesiskan DNA


9 Badan Mikro


tersusun dari struktur membran yang berbentuk bulat dan berisi kristal protein. badan mikro memiliki 2 peroksisom dan gliksisom. Peroksisom mengandung enzim enzim katalase dan terdapat pada sel tumbuhan dan sel hwan. Glioksisom mengandung enzim katalase dan oksidase hanya terdapat pada sel tumbuhan.


10 Mikrotubul


merupakan protein yang berbentuk benang. berfungsi sebagai kerangka sel serta penyusun flagel dan gelendong pembelah.


11 Vakuola


Vakuola merupakan rongga sel. vakuola biasanya terdapat pada sel tumbuhan. vakuola berisi berbagai molekul hasil sintesis seperti amilum, karbohidrat dll. vakuola berfungsi menampung sisa-sisa metabolisme.

Unknown

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar