Rabu, 05 Oktober 2016

Jelaskan Unsur instrinsik pada cerpen | bahasa indonesia

Unsur instrinsik adalah unsur yang membangun karya sastra unsur ini sangat mendukung dalam terbentuknya cerpen.  Hal hal yang termasuk unsur cerpen

A. Tema
Adalah gagasan pokok yang mendasari sebuah cerita. Biasanya tema tersirat (dijelaskan langsung dalam cerita) dan tersirat (tidak langsung yang artinya pembaca harus menyimpulkan sendiri)

B. Alur (plot)
Ialah jalan cerita dalam sebuah karya sastra. Urutan karya sastra dalam garis besar : perkenalan-konflik-peningkatan masalah-klimaks-peleraian-penyelesaian.

C. Latar
Menyangkut tempat,waktu,suasana dalam cerita.

D. Tokoh
Tokoh ialah pelaku dalam sebuah cerita. Ini berarti tokoh-tokoh adalah unsur pokok dalam cerita yang dibuat oleh pengarang ada tokoh baik (protagonis) tokoh jahat (antagonis) serta tokoh utama, tambahan dan sampingan.

E. Perwatakan
Ialah penggambaran watak tokoh dalam cerita. Penokohan dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu secara langsung (analitik) tidak langsung (dramatik). Penokohan secara analitik diterangkan jelas pada cerpen misalnya si A dia orangnya ramah sedangkan secara dramatik penilaian dilihat dari tingkah laku tokoh, cara berpakaian, tempat yokoh berada dll.

F. Sudut pandang
Ada sudut pandang orang pertama pelaku utama, sudutvpandang pertama pelaku sampingan, sudut pandang orang ketiga pelaku utama, dan sudut orang ketiga pelaku sampingan.

G. Amanat
Ialah pesan yang ingin disampaikan pengarang untuk pembaca.

Unknown

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar