Senin, 26 September 2016

Bagaimana Cara VOC Eksploitasi Kekayaan Bumi Nusantara kita ini



J.P. Coen adalah gubernur Jendral VOC yang keempat dan keenam Jendral ini sangat bermafsu untuk memaksakan monopoli. J.P. Coen berusaha untuk meningkatkab eksploitasi kekayaan bumi Nusantara dengan berbagai cara kejam antara lain

1. Merebut pasaran produksi pertanian, dengan memaksakan monopoli seperti contoh monopoli rempah-rempah yang dilaksanakan di Maluku
2. VOC melakukan campur tangan terhadap kerajaan-kerajaan di Nusantara yang pali utama menyangkut usaha pengumpulan hasil bumi dan pelaksanaan monopoli. Dalam hal ini VOC yang menentukan harga barang semurah mungkin.
3. VOC yang menduduki tempat-tempat yang straregis
4. Tidak ikut aktif langsung dalam produksi hasil pertanian. Proses dan perawatan pertanian dibiarkan oleh orang pribumi sehingga VOC hanya berfokus pada hasilnya saja.
5. Lembaga-lembaga pemerintahan kerajaan masih bisa diperalat untuk kerjasama, atau dipengaruhi kalau tidak mau tinggal dihabisi.

Unknown

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar